BASE Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

by - Saturday, July 03, 2021

Hi guys! How are you?!

So I'm back with my new skincare review. 
Bagi kita yang tinggal di iklim tropis pasti memerlukan banget yang namanya sunscreen ya kan? Indonesia ini bener-bener panas banget kalau gak pakai sunscreen kulit kita pasti rusak dan gosong. Nah buat yang punya jenis kulit berminyak dan berjerawat pernah gak sih kalian merasa susah cari sunscreen yang tepat untuk kulit kalian? Atau mungkin kebanyakan sunscreen yang pernah kalian coba jatuhnya masih terasa greasy di kulit alhasil kulit jadi tidak nyaman apalagi saat berjerawat.


Di tambah saat pandemi seperti ini kita juga diharuskan menggunakan masker jika keluar rumah, nah sunscreen yang lengket bikin kulit makin tidak nyaman apalagi saat pakai masker. Buat yang dirumah aja bukan berarti kalian tidak memerlukan sunscreen juga! Nyatanya yang dirumah aja pasti lebih banyak menghabiskan waktu di depan TV dan gadget. Tapi TV dan gadget juga bisa merusak kulit oleh sinar yang terpancar dari gadget tersebut alias Blue Light

Emang Blue Light berbahaya? 
Ya, sinar dari gadget bisa menyebabkan penuaan pada kulit. Gak mau kan kulit kita terlihat lebih tua dari umur kita? So it's time to use sunscreen as our skin protection, because using sunscreen everyday for the future won't regret!

Sebelumnya kenalin dulu tentang Ultraviolet atau biasa disebut UV. Paparan sinar matahari secara langsung disebut UVB. Kalau paparan sinar matahari tidak langsung melalui jendela atau kaca disebut UVA. Jika kulit terpapar oleh UVA dan UVB maka kulit bisa terjadi gosong atau sunburn, flek hitam bahkan sampai kanker kulit.

Nah kalau Visible Light dan Blue Light itu apa sih? 
Ternyata hampir 50% cahaya matahari yang sampai ke permukaan bumi adalah Visible Light. Blue Light atau High-Energy Visible (HEV) yang dihasilkan gadget ini berbahaya banget karena bisa menembus ke lapisan kulit terdalam loh! 

Ngeri gak sih kalau habis terpapar sinar matahari terus terpapar lagi sinar Blue Light yang sama-sama dapat mempercepat penuaan kulit. Maka dari itu kita butuh sunscreen lebih lagi untuk memproteksi kulit tidak hanya dari UVA & UVB tapi juga dari Blue Light dan polusi pastinya. 

MEMILIH SUNSCREEN UNTUK KULIT BERMINYAK

1. Pilih yang oil-free atau lebih berbahan dasar air
2. Pilih yang ringan dan cepat menyerap di kulit
3. Tidak lengket dan tidak white cast 
4. Hasil Matte
5. Non-comedogenic
6. SPF tinggi 

Ada yang merasa belum menemukan sunscreen seperti kriteria di atas? Kalau belum baca terus artikel ini sampai bawah, mungkin bakal bermanfaat buat kamu yang membutuhkan.

Kali ini aku menemukan sunscreen yang menarik banget dan beda dari kebanyakan sunscreen. Yes it's unique and exactly what will you need. Karena aku pun lumayan kaget waktu pakai sunscreen ini.

BASE ULTRA MATTE NATURAL SUNSCREEN


BASE sunscreen ini diklaim bahwa tidak menggunakan fragrance atau pewangi, tekstur ringan tidak lengket, tidak meninggalkan residu atau white cast, memiliki SPF 50 50+++ diformulasi dengan ekstrak akar dan biji wortel untuk menangkal radiasi blue light. Ada kandungan Ectoin untuk melindungi kulit dari penuaan kulit akibat radiasi matahari. Jadi 100% vegan ingredients dan sudah di sertifikasi oleh Ecocert.


Menarik banget gak sih? Karena ada kandungan wortelnya bikin unik gitu, dan ternyata manfaat wortel selain untuk mata juga bagus untuk kulit ya. BASE sunscreen ini aman untuk bumil dan busui terus juga coral-reef friendly. FYI sunscreen yang sudah berlabel coral-reef friendly, sudah pasti tidak membahayakan ekosistem coral di laut. Jadi mau kita pakai sunscreen untuk berenang di laut juga aman.


Kalau di lihat dari kemasan boxnya udah menarik mata ya kan? Warna boxnya cenderung orange cerah dan yang aku suka itu ada stiker nama kita. Dalam kemasan juga lengkap banget informasinya, setiap sisi box penuh dengan informasi dari Ingredient, info produk, cara pakai expired date BPOM dan lainnya. Untuk bentuk kemasan tube sunscreennya sendiri juga gemes terbuat dari plastik cukup tebal warna ungu dengan tutup putar warna orange. Dilengkapi informasi pada belakang tube kemasan.


Menurutku kemasannya travel friendly jadi praktis kalau dibawa-bawa dengan size 45 ml dan lumayan ringan juga. Ujung aplikatornya agak runcing supaya produk tidak tumpah jika dikeluarkan. 


INGREDIENTS & BENEFITS 

Seperti yang sudah aku sebut salah satu kandungan utamanya ada carrot atau wortel dan karena produknya vegan jadi kandungan lainnya juga terbuat dari bunga, buah atau sayur-sayuran.

CARROT SEED & ROOT EXTRACT
Carotolino memiliki kandungan carotenoids yang diekstrak dari akar dan biji wortel yang dapat membantu memproteksi kulit dari radikal bebas dan blue light. Selain itu juga bisa membuat kulit tampak lebih glowing natural.

BLACKCURRANT & RASPBERRY LEAVES EXTRACT 
Seboxyl kaya akan antioxidant, seperti yang kita ketahui kalau antioxidant dapat menangkal radikal bebas, tapi juga untuk mencegah pembentukan komedo hitam akibat dari reaksi oksidasi minyak yang tersumbat di pori-pori. Selain itu juga dapat mengontrol sebum untuk mencegah pembentukan jerawat.

AMINO ACID FROM MICROORGANISM
Ectoin adalah asam amino (amino acid) yang diambil dari microorganisms yang hidup di lingkungan ekstrim gunanya untuk mencegah kerusakan pada sel. Ectoin bisa membentuk seperti lapisan pelindung jika diaplikasikan ke kulit sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan polusi. Dan dapat melindungi kulit dari radiasi inframerah.

SUNFLOWER OIL sebagai UV protection booster dan skin soother
BISABOLOL FROM CHAMOMILE sebagai UV protection booster dan burn healing
ARGAN OIL untuk mengunci kelembaban kulit dan UV protection 
VITAMIN E (TOCOPHERYL ACETATE) sebagai antioxidant 

CARA PAKAI 

Oleskan sunscreen secukupnya 15 menit sebelum terkena sinar matahari ke area wajah dan leher, hindari area mata. Oleskan ulang setiap 4 jam sekali dan setelah berenang atau berkeringat. Kalau mau digunakan sebelum makeup juga bisa kok.

TEXTURE & APPLYING 


BASE Ultra Matte Sunscreen ini punya tekstur yang cukup creamy, gak terlalu padat tapi juga gak terlalu cair. Menurutku teksturnya agak beda dengan kebanyakan sunscreen, ketika diaplikasikan gampang untuk diratakan dan cukup cepat menyerap apalagi hasilnya benar-benar matte. Warnanya sedikit kuning cream gitu, tapi ketika diaplikasikan tetap sama dengan warna kulit jadi gak membuat warna kulit berbeda. Untuk aromanya sendiri lembut karena gak ada aroma menyengat atau khas seperti kebanyakan sunscreen lainnya.

PHYSICAL OR CHEMICAL SUNSCREEN?
Buat yang belum tau apa itu physical  atau chemical  sunscreen. Jadi physical berfungsi sebagai Physical UV Filter memiliki UV Filter yang mampu melindungi kulit dari UVA, UVB dan Blue Light. Kalau Chemical berfungsi sebagai Chemical UV Filter mampu menghalangi sinar UV masuk ke lapisan kulit lebih dalam. Nah BASE Sunscreen ini sendiri merupakan "Hybrid Sunscreen" karena memiliki ke-dua fungsi diatas. 


Yah walaupun hybrid sunscreen tapi teksturnya bener-bener gak oily jadi gak bikin kulit berminyak, gak lengket juga apalagi gak menyumbat pori-pori. So far nyaman banget buat aku pakai sunscreen ini beberapa jam di luar rumah atau di dalam rumah sekalipun. Apa lagi yang suka dirumah seperti aku dan sehari-hari pasti menggunakan hp non-stop berjam-jam... So happy bisa nemuin dan nge-level up sunscreen menggunakan BASE Ultra Matte Sunscreen. 

Nah selama pandemi ini aku lebih skinimalism aja apa lagi kita juga diharuskan menggunakan masker kan. Biasanya aku cuma pakai cleansing, pelembab dan Sunscreen aja. Apa lagi BASE Sunscreen ini praktis digunakan mau di re-apply 2 jam sekali atau 4 jam sekali bisa dan seperti yang di klaim kalau sunscreen ini bisa untuk oily dan acne skin.


Oh ya aku juga mau cerita sedikit, sebelum aku cek-out produk dari website BASE www.base.co.id aku diharuskan untuk skin test dulu karena BASE ini merupakan personalized skincare. Bagus sih menurutku kalau kita harus skin test dulu jadi kita bisa tau permasalahan kulit kita gimana, nanti BASE yang menentukan produk yang cocok sama kulit kita. 

Jadi hasil skin testku ini kulit ku berminyak pada area T-Zone, ada dark spot yang diakibatkan oleh sinar UV dan hormonal, punya acne yang diakibatkan hormonal karena munculnya cuma sekali dua kali aja sebulan dan jerawat biasanya muncul di bagian dagu, terus ada whiteheads juga.


Selain BASE Ultra Matte Sunscreen, rangkaian produk BASE yang diracik untuk aku ada BASE Nine to Ten Nourishing Cleanser, BASE Freshly Dew Toner, dan BASE Ultra Gleam Purifying  Lotion. Aku suka banget sama packaging BASE ini karena semua skincarenya ada tulisan "made for Angelika" unik banget.


BASE ini cocok buat kalian yang lagi nyari skincare lokal yang vegan, cruelty free,  SLS free, fragrance free, dan no artificial colorant. Menariknya lagi ternyata BASE ini produk lokal yang bekerjasama dengan laboratorium di Inggris dan Korea Selatan loh. Harganya lumayan terjangkau walaupun pakai bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Nah buat yang penasaran dan pengen coba produk BASE kalian bisa ke Instagram BASE atau website nya di www.base.co.id jangan lupa pakai kode voucher ANGELIKA35 dapat diskon 35% dengan minimal belanja Rp 100.000 aja.

Gimana pada pengen cobain kan? Coba komen di bawah ya yang penasaran, atau ada yang udah pernah cobain juga?

You May Also Like

0 comments

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.