Ide Warna Cat Rumah Estetik dan Elegan

by - Wednesday, April 06, 2022

Belakangan ini aku suka dengan makeover rumah, salah satunya mengganti warna cat rumah bagian interior. Nah warna pada cat rumah sebenarnya cukup penting sebelum mengkonsep dan menambah interior perabotan rumah.

Review Nippon Spotless Warm Toast

Apa lagi selama Covid-19 aku lebih sering berada di rumah untuk menghindari keramaian dan work from home. Selama dirumah saja sebenarnya dapat membawa dampak dalam segala aspek kehidupan seperti kehidupan sosial, tidak bisa sering bertemu teman-teman dan saudara yang bisa mengakibatkan isu kesehatan mental.

Sejak pandemi, fungsi rumah sudah mengalami perubahan tidak hanya tempat untuk beristirahat, namun juga tempat yang aman untuk berlindung dan menjalankan hampir seluruh aktivitas. Maka dari itu merenovasi dan mendekor ulang rumah menurutku akan memberikan dampak positif pada sifat, hati dan pikiran kita.

Mengganti warna cat yang pas dan sesuai dalam ruangan rumah dapat bisa memberi kesan lebih luas, tegas, menyejukkan dan lebih dari sekedar estetika,  warna dapat memberikan mood berbeda pada penghuninya.

Hasil Nippon Spotless
Warna pada foto bisa sedikit berbeda dengan warna aslinya

Fungsi Warna Dalam Design Interior

Estetika: Dapat memberikan nilai estetika, keindahan, dan membuat ruangan terlihat lebih terawat

Manipulasi: Warna tertentu dapat memberikan kesan luas dalam ruangan yang sempit

Psikologis: Warna dapat memberikan efek positif untuk seseorang, dalam psikologis warna dapat mempengaruhi emosi, pikiran, tubuh hingga keseimbangan ketiganya pada diri manusia

Rekomendasi Cat Interior Rumah

Rekomendasi Cat Interior Rumah anti jamur
Dinding rumah interior sebelum proses pengecatan

Sedikit cerita, pada bagian ruangan tengah rumahku memiliki permasalahan terutama pada tembok retak dan cat tembok yang mengelupas juga tembok yang berjamur akibat lembabnya udara ruangan yang mengakibatkan cat tembok tidak lengket pada dinding dasar atau acian. Kalian bisa lihat di foto ini kerusakan dinding interior rumahku, sehingga sebelum mengecat ulang, cat dinding rumah yang rusak/mengelupas diharuskan untuk dihilangkan. Setelah itu baru di plamir kembali pada bagian yang rusak (jika dinding tidak rusak parah, tidak dianjurkan untuk melakukan step-step seperti ini)

Setelah berkonsultasi dengan SPG toko bangunan, aku memutuskan untuk mencoba cat interior dari Nippon Paint. Kenapa? Karena Nippon Paint ini memiliki 10.000 warna pilihan, dengan Brand Promise yaitu garansi produk & warna 100% akurat dan konsisten. Selain itu juga Nippon Paint salah satu brand yang serba bisa, dapat menjadi solusi kebutuhan cat yaitu interior, eksterior, kayu, besi, hingga lantai, jadi bisa menjadi solusi total untuk segala pengecatan.

Konsultasi warna nippon paint

Aku memilih Nippon Paint jenis Spot-less yang cocok untuk permasalah dinding rumahku. Jenis Nippon Spot-less ini merupakan cat premium anti-noda, menggunakan Stain Guard Technology agar noda cair tidak menempel, warna selalu terlihat baru dengan Colour Protect Technology, sama sekali tidak berbau dan aman untuk keluarga, water-based, cocok untuk melindungi dinding interior dari noda, dan memiliki tampilan akhir Low Sheen. 

Dan tidak ketinggalan Nippon Spot-less ini memiliki daya tahan yang baik terutama anti-jamur, warna tidak mudah berubah, tidak mudah mengapur. Bagusnya juga jenis ini dapat melindungi permukaan dinding yang terbuat dari semen, plaster, batu bata dan dinding fiber.

Katalog Warna Nippon Paint Spotless

Nah untuk warnanya sendiri aku memutuskan untuk mengganti suasana ruangan rumah dengan warna Warm Toast agar terlihat lebih tenang, nyaman, hangat dan memberikan nuansa teduh.

Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint

Dalam menyambut Ramadhan, Nippon Paint punya Tren Warna Ramadan dengan tema "Hebatnya Nippon Paint, Jadikan Harapan Ramadan Lebih Berwarna" memikirkan ulang dalam berbagai hal untuk mempersiapkan diri memasuki bulan Ramadhan dengan lebih optimis. TWR atau Trend Warna Ramadhan ini merupakan bentuk komitmen Nippon Paint untuk memberi dampak positif yang berarti. Diharapkan dapat menjadikan motivasi penggunanya untuk membuka lembaran baru untuk menjadi versi terbaik pribadi dalam menyambut hari yang Fitri. 
 
Beberapa warna yang dapat menjadi pilihan seperti warna Monochrome yaitu hitam, abu-abu, putih yang dapat memberikan kesan bersih/clean, sederhana/simple, dan murni. Dapat memberikan efek psikologis syahdu, tenang, bersih. Warna Monochrome juga menciptakan ruangan yang terkesan lebih bersih, luas dan simple sehingga dapat menambah nuansa baru dan ketegasan pada ruangan agar terasa lebih hidup.

Nippon Paint Warna Warm

Warna Warm yaitu cream, coklat muda, merah muda dan lainnya. Warna ini dapat memberikan nuansa kehangatan yang teduh, memberikan efek psikologis tenang, intimate dan hangat. Menjadikan ruangan terasa tenang, hangat dan nyaman.

Selain itu juga tersedia warna Tropical yaitu warna-warna cerah yang memberikan nuansa segar dan ceria seperti kuning, hijau atau hijau tosca dan lainnya. Memberikan efek psikologis semangat dan bahagia, dapat menciptakan suasana bersama keluarga dan kerabat jadi lebih ceria, seru dan akrab.

Proses Pengecatan Dinding Interior Rumah

Renovasi rumah berjamur
Step-step: plamir - amplas - pengecatan

Dikarenakan dinding rumah yang tinggi, aku tidak bisa mengerjakannya sendiri sehingga perlu tukang untuk membantu mengecat seluruh bagian dinding yang rusak. Setelah proses plamir dan amplas pada bagian dinding yang rusak selesai, dilanjutkan proses pengecatan dengan Nippon Spot-less warna Warm Toast menggunakan Roll, dengan pengenceran 0 - 10% (kuas & roll).

Proses pengecatan dinding

Untuk proses pengecatan dinding ini aku menggunakan 2 liter cat dengan anjuran minimal 2 lapis agar dinding terlihat lebih sempurna. Daya sebar Nippon Spot-less ini menurutku cukup bagus dengan Daya Sebar Teoritis 10 - 12 meter persegi. Waktu pengeringan menurutku cukup cepat, kering sentuh 30 menit dan kering keras 1 jam (tergantung pada suhu dan kelembaban). Dianjurkan interval pengecatan selanjutnya yaitu 3 jam.

Review Nippon Paint Spotless
Warna pada foto bisa sedikit berbeda dengan warna aslinya

Menurut pengalamanku setelah mengecat dinding menggunakan Nippon Spot-less ini, seperti yang di klaim catnya sendiri tidak berbau sehingga aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan. Hasil akhirnya low sheen dan bagus karena ketika dipegang tidak mudah mengapur dan tidak membekas jika terkena cairan.

Cat tembok anti jamur
Nippon Paint Spot-less Warm Toast

Oh ya sebelum ke toko bangunan aku juga sempat konsultasi pengecatan melalui Service Nippon Paint di WhatsApp Care 08111283028 tentang produk dan juga layanan Colour Scheme Service untuk mendapatkan rekomendasi warna dari colourist Nippon Paint, semua layanan gratis loh! Dan untuk menemukan produk Nippon Paint sekarang sudah gampang karena sudah didistribusikan luas lebih dari 6000 toko CCM di seluruh Indonesia (Sabang sampai Merauke).

Semoga artikel diatas dapat membantu teman-teman yang ingin mendekor, make over, atau memilih cat dinding interior rumah.

You May Also Like

0 comments

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.