Virtual Spring With Korean Drama Youth of May | Shooting Location & History of Gwangju Uprising

by - Monday, May 24, 2021

Siapa yang kangen sama musim semi di Korea? Gak kerasa kalau pandemi sudah satu setengah tahun lamanya dan kita masih gak bisa liburan dan bepergian ke luar negeri. Padahal kangen banget ya kan sama musim semi di Korea.... Nah buat kalian yang kangen, ada drakor baru nih judulnya Youth of May. Di drakor ini kita bisa menikmati indahnya musim semi di korea karena banyak lokasi yang diambil saat musim semi dan banyak setting pohon cherry blossom yang indah. Di episode 2 ini ada satu lokasi yang bener-bener menarik perhatian banget, ada danau yang dikelilingi bunga cherry blossom. 

Drama Youth of may shooting place
Drama Youth of may shooting place

Di drama ini Gwangju ditampilkan dengan sinematografi yang sangat indah dengan periode pada saat itu. Dan berikut ini informasi beberapa shooting location drama Youth of May

WOLFGANG'S STEAKHOUSE (올프강 스테이크하우스)

Youth of may shooting location

Lokasi dimana Hwang Hee Tae dan Kim Myung Hee pertama kali blind date di restaurant pada episode ke 2 Youth of May. Restoran ini didirikan oleh Wolfgang Zwiener, adalah restoran Steak Amerika yang sudah didirikan di beberapa negara New York, Miami, Beverly Hills, Waikiki dan Tokyo. Tahun 2015 Wolfgang Steakhouse buka di Korea Selatan yang berlokasi di Seoul, Cheongdam-dong, Gangnam.

Instagram: @wolfgangsstreakhousekorea
Open: 11.00 am - 11:00 pm (last order 10:15 pm)
Address: 21 Seolleung-ro 152-gil, Gangnam-gu, Seoul, South Korea
(Apgujeongrodeo Station (Bundang line) Exit 4, berjalan 5 menit)

LA VIE D'OR RESORT & COUNTRY CLUB (라비돌리조트 컨트리클럽)

Youth of may shooting location

Setelah acara pertunangan Hwan Hee Tae dan Lee Soo Ryeon di episode 5, Kim Myung Hee berjalan ke sebuah taman untuk mencari Hee Tae. La Vie D'or Resort & Country Club ini adalah tempat kursus golf, indoor dan outdoor swimming pool, outdoor wedding hall, dan ada sebuah bar dan beberapa restaurant. Berlokasi di Hwangseong's township Jeongnam.

Address: 286 Seja-ro, Jeongnam-myeon, Hwangseong-si, Gyeonggi-do, South Korea
(Byeongjeom Station, Seoul Subway Line 1, Exit 2, naik taxi atau Bus no. 35-3, 35-1, 35-3A)

C'EST LA VIE (음악다방 라비)

Youth of may shooting location

Di episode 1 Kim Myung Hee bertemu dengan temannya Park Sun Min di cafe Music Cafe Heehee Nakrak. Di episode 3, Hwang Hee Tae bertemu dengan Myung Hee di cafe ini. ternyata C'est La Vie Cafe ini dibuat sebagai drama set saja, tapi sampai sekarang dibuka untuk umum agar para fans bisa datang mengunjungi cafe ini. Berlokasi di Daegu's neighborhood Dongsan-dong. Cafe ini juga berlokasi di jalan yang sama sebagai jalan March 1st Movement Stairs (3.1운동길). Gyesan Church (계산성당) dan dikenal sebagai landmark in Daegu.

Open: Tue-Sun 10.00 am - 8.00 pm (Closed on Monday)
Address: 60 Gukchaebosang-ro 102-gil, Jung-gu, Daegu, South Korea
(Sinnam Station, Daegu Subway Line 2 and 3, Exit 9)

HAPCHEON IMAGE THEME PARK (합천영상테마파크)

Youth of may shooting location

Di episode 1, tempat ini dijadikan bagian dari Seoul neighborhood tempat Hwang Hee Tae tinggal, dan menjadi beberapa tempat shooting lainnya. Film set ini dimiliki oleh KBS dan MBC untuk tempat lokasi shooting Seoul di berbagai periode contohnya KBS menggunakan lokasi ini untuk set film periode 1930s-1960s dan MBC menggunakan lokasi ini untuk set film periode 1970s dan 1980s. Berlokasi di Village of Gaho di Hapcheon-gun kota Hapcheon berjarak sekitar 4 jam 30 menit dari Seoul.

Open: 9.00am - 18.00pm (summer March - October) / 9.00am - 17.00pm (winter November - February)
Admission fee: 5000 won
Address: 757 hapcheon hosu-ro, Yongju-myeon, Hapcheon, Gyeongsangnam-do, South Korea

SUNCHEON OPEN FILM SET (순천드라마촬영장)

Tempat ini juga dijadikan beberapa lokasi di Youth of May karena berlatar 1980s. Ternyata Suncheon Open Film Set ini tempat film set paling besar di Korea karena dibuat 3 tempat dengan 3 periode waktu berbeda sari 1950s sampai 1970s. Berlokasi di Suncheon's neighborhood Wangjo 2-dong, berjarak sekitar 3 jam dari Seoul. Buat yang mau berkunjung bisa banget karena lokasi ini open for public.

Open: 9.00am - 18.00pm
Admission fee: 3000 won
Address: 24 Biryegol-gil, Sncheon, Jeollanam-do, South Korea

HOUSE SOJE-DONG DAEJEON

Youth of may shooting location

Lokasi ini tempat Hwang Hee Tae dan Kim Myung Hee berjalan di dekat rumah sepulang dari panti asuhan pada episode 4. Berlokasi di Daejeon neighborhood Samsung, dekat Soje-dong Cafe street. Bagi yang ingin mengunjungi tempat ini bisa banget tapi tetap harus berhati-hati karena banyak penduduk yang tinggal disini.

Address: 36 Seollang 5-gil, Dong-gu, Daejeon, South Korea
(Daejeon Station, Exit 5, butuh waktu 14 untuk berjalan kaki atau naik taxi 3 menit)

HAKRIM DABANG (학림다방)

Youth of may shooting location

Pada episode 1 Hwang Hee Tae nge-date dengan Yu Jin mantan Hee tae. Cafe ini sudah ada sejak tahun 1956 dan salah satu dabang atau coffee house paling tua di Seoul. Berlokasi di Daehak-ro Myeongnyum 3(sam)-ga , daerah Hyehwa. Karena cafe ini dibuka saat Seoul National University College of Liberal Arts dibuka maka nama Hakrim dari cafe ini diambil saat festival Hakrim diadakan di universitas tersebut.

Open: 10.00am - 11:00pm (Close sat & sun)
Address: 2F, 119 Daehak-ro, Jeongno-gu, Seoul, South Korea
(Hyehwa station, Seoul Subway Line 4, Exit 3)

Selain setting dramanya yang menarik karena berlatar tahun 80an seperti reply 1988 ternyata Youth of May ini juga berlatar sejarah pemberontakan Gwangju pada tahun 1980. Peristiwa ini mungkin sudah gak asing bagi beberapa orang karena peristiwa bersejarah ini sudah pernah diliput oleh penulis pemenang penghargaan Booker Internasional, novel Han Kang, Human Act.

APA ITU GWANGJU UPRISING ATAU PEMBERONTAKAN GWANGJU?

Youth of may Gwangju uprising

Gwangju adalah sebuah kota yang terletak di selatan ibukota Seoul. Gwangju Uprising merupakan salah satu pemberontakan terbesar di Korea karena para pelajar memberontak melawan pemerintah otoriter Chun Doo-hwan. Selama pemberontakan di gwangju, Chun Doo-hwan mengirim tentara pasukan terjun payung dan pasukan khusus untuk mengatasi kerusuhan tersebut. Militer menindas mahasiswa, memberangus media lokal Korea Selatan dan hanya sedikit media asing yang dapat melaporkan situasi tersebut. Salah satu jurnalis yang berhasil mendokumentasikan kerusuhan tersebut adalah Jurgen Hinzpeter berasal dari jerman dan sopir taxi Kim Sa Bok.

Youth of may Gwangju uprising

Pemberontakan berakhir pada bulan Mei dengan kota Gwangju yang hancur lebur. Lebih dari 200 orang tewas tapi dari perkiraan warga Gwangju menyirtakan bahwa jumlah korban yang tewas bisa lebih dari ribuan. Pemberontakan tersebut menjadi salah satu gerakan demokrasi terpenting di Korea Selatan dan Asia Timur. Chun Doo-hwan dihukum karena pemberontakan, pengkhianatan, dan korupsi, tetapi kemudian diampuni. Sebuah monumen didirikan di Gwangju untuk mengenang Hinzpeter yang meninggal pada 2016.

"If it had been any other spring full of sunshine, they would have loved like the faintness of spring. They would have lived ordinary lives with dreams in their hearts. A story of Youth" - Hwang Hee Tae

Youth of may Gwangju uprising

Pemberontakan Gwangju menjadi peran yang sangat penting dalam sejarah Korea Selatan dan drakor Youth of May ini menggambarkan pemberontakan yang penting dan harus diperhatikan.

Youth of may shooting location

Jadi gimana nih pada tertarik buat nonton drakor Youth of May? Atau mau ke lokasi shooting Youth of May kalau corona selesai? Yuk SAVE dulu aja lokasi-lokasi di atas dan komen pendapat temen-temen tentang drakor Youth of May ini!

You May Also Like

0 comments

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.