[JFW2019] Koleksi ramah lingkungan oleh IFF Toton, FBudi, dan I.K.Y.K

by - Wednesday, November 07, 2018

Penutup hari kedua Jakarta Fashion Week 2019 oleh tiga alumnus Indonesia Fashion Forward dengan inspirasi dari Papua dan koleksi yang ramah lingkungan. 

Ketiga alumni IFF yang datang dari generasi berbeda yaitu Anindia Putri dengan labelnya I.K.Y.K, Felicia Budi dengan label FBudi, dan Tonton Januar dengan labelnya Toton. Ketiga koleksi sudah terbilang matang, eksklusif, dan komersial. Kali ini mereka datang dengan sebuah kreasi baru yang tidak merusak lingkungan dan bertanggung jawab.




I.K.Y.K yang merupakan kependekan dari I Know You Know kembali menawarkan modest-wear yang inspirasi dari ibu dan strong woman. Koleksinya kali ini cukup ringan dengan pemilihan bahan yang ringan dan mudah digunakan untuk aktivitas wanita urban. Warna yang digunakan juga mengekspresikan wanita saat ini mulai dari warna soft hingga bold.

ikyk jakarta fashion week 2019

Warna-warna yang menjadi pusat perhatian dari koleksi terbaru I.K.Y.K diantaranya Ivory, Beige, Salmon Pink, Lime Green hingga touch of Red dan Maroon yang mewakili warna bold. 
Busana yang ditampilkan I.K.Y.K pada pekan JFW 2019 antara lain outerwear trench coat, rok, dan top. Koleksi I.K.Y.K ini menggambarkan 3 kesimpulan, yakni comfort-modest, wearable, dan powerful sehingga sangat cocok untuk wanita urban sekarang ini yang memiliki banyak aktivitas.

ikyk jakarta fashion week 2019ikyk jakarta fashion week 2019




Toton dengan koleksi spring-summer 2019 mengusung tema eksplorasi Indonesia dan pengelolaan limbah. Pemanfaatan limbah dari bahan denim diolah sedemikian rupa menjadi topi berdetail rumbai tebal dan panjang menutupi separuh wajah model. Inspirasi lain juga diambil dari pahatan candi ukiran kayu dari Bali, rok rumbai pelengkap pakaian adat Papua.

toton jakarta fashion week 2019

Koleksi Tonton terdiri dari jaket, celana, blouse, rok, hingga dress bernuansa pastel dan indigo denim. Nuansa etnik juga diterapkan dalam pemilihan kain-kain tradisional seperti tenun lurik motif udan dan liris. Motif yang digunakan diantaranya flora seperti bunga dan dedaunan, motif ular dan naga.

toton jakarta fashion week 2019toton jakarta fashion week 2019

Koleksi Toton kali ini banyak menggunakan sentuhan warna pastel untuk memperlihatkan sisi feminim dari perempuan. Toton banyak menampilkan lewat bahan bermaterial 'fragile' seperti organdi, organza, sutra dan tulle bordir. Warnanya pun didominasi oleh warna-warna pink, blush, nude, hingga putih. 



Koleksi FBudi ini juga merupakan koleksi ramah lingkungan karena misinya yang membuat para pemakai merasa tenang di zaman yang tidak menentu ini dengan busana yang tidak membebani bumi. Koleksi dengan dominasi warna-warna kalem yang feminin serta siluet longgar minimalis menjadi respon terhadap situasi dunia yang tidak beraturan.

fbudi jakarta fashion week 2019

Material yang dieksplor FBudi cukup beragam mulai dari sutra berwarna indigo dari Flores, katun buatan Pekalongan dan rayon yang pewarnaannya khusus diproses di Bandung. Teknik yang digunakan yaitu draping, membuat busana langsung di manekin atau model. Demikian tingkat kenyamanannya bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh konsumen dan meminimalisir limbah kain.


xoxo,

You May Also Like

0 comments

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.