Inseparable Bros, My Special Brother [2019 Korean Movie]

by - Wednesday, March 11, 2020


"Disabled Friendship"

나의 특별한 형

Sebuah peribahasa mengatakan bahwa "Blood is thicker than water" tetapi film Korea berjudul Inseparable Bros ini menunjukan bahwa "Water is thicker than blood." Kita semua memiliki teman yang merupakan bagian dari keluarga, bahkan terkadang lebih dekat dari saudara kandung kita yang sebenarnya.

Inseparable Bros merupakan sebuah film dua sahabat berdasarkan kisah nyata dua orang yang cacat. Film yang sangat emosional dengan akting yang sangat baik dibintangi oleh Shin Ha Gyung dan Lee Kwang Soo. Film ini dirilis tahun lalu tanggal 1 Mei 2019 yang merupakan drama komedi, walaupun alur ceritanya mudah ditebak tetapi akting para pemain perlu diacungi jempol dan menerima banyak positif feedback.

Berkisah tentang dua saudara yaitu Se Ha diperankan oleh Shin Ha Gyun yang cerdas memiliki keterbatasan fisik sehingga tidak bisa berjalan atau bergerak setelah cedera pada sumsum tulang belakang, dia harus duduk di kursi roda setiap hari. Dia kehilangan ibunya di usia 16 tahun dan dibawa ke sebuah institusi untuk anak cacat di Seoul dan disanalah ia bertemu Dong Goo.
Dong Goo diperankan oleh Lee Kwang Soo memiliki kesehatan fisik bahkan tinggi dan lebih kuat dari Se Ha tapi ia memiliki kapasitas mental seorang anak lima tahun.

Baca juga Kebijakan Bagi Para Disabilitas di Korea Selatan

PLOT



Dari kecil keduanya sangat bergantung satu sama lain dan hidup nyaris mustahil tanpa satu sama lain. Se Ha yang cacat fisik tidak bisa pergi kemanapun tanpa  Dong Goo. Dong Goo sendiri seorang perenang yang hebat tetapi cacat mental dan tidak bisa melakukan tugas apapun tanpa Se Ha.

Kedua "saudara" ini tidak memiliki hubungan darah tetapi menjalin hubungan persaudaraan selama 20 tahun. Suatu hari, pastor yang menjaga panti asuhan kedua saudara ini meninggal dunia sehingga semua dana untuk panti asuhan tersebut terputus. Mereka pun di masukan ke dua lembaga atau tempat penampungan bagi orang cacat yang berbeda karena mereka memiliki cacat yang berbeda.

Untuk menyelamatkan rumah mereka dan juga tetap bersama Dong Goo, Se Ha bertemu seorang pelatih renang yaitu Min Hyun dan merekrutnya sebagai pelatih renang untuk Dong Goo dan mendaftarkan Dong Goo untuk kontes renang. Ia juga mendapat perhatian publik tetapi tidak lama mereka juga menghadapi masalah yang tidak terduga.


Hubungan persaudaraan mereka terancam ketika ibu Dong Goo tiba-tiba muncul untuk menuntut Se Ha melepaskan putranya. Setelah bertahun-tahun yang lalu ia meninggalkan putranya di kolam renang, ia mengatakan bahwa hal yang paling penting adalah ia ibu Dong Goo. Ia percaya bahwa ikatan darah dengan putranya lebih kuat daripada ikatan Se Ha dan Dong Goo selama 20 tahun.

Tetapi di sini mereka membuktikan bahwa mereka adalah manusia yang sempurna ketika mereka saling membantu dan menikmati kehidupan sehari-hari bersama.

Saat Dong Goo tinggal bersama ibunya, ia menyadari bahwa semua hal-hal kecil yang ia lakukan selalu berhubungan dengan Se Ha karena kebiasaan mereka hidup bersama. Biasanya Dong Goo menyuapi Se Ha saat makan bersama, atau Dong Goo terbangun saat malam hari untuk memeriksa Se Ha.

ABOUT THE MOVIE



"Keluarga terikat oleh darah, tetapi kita bisa menjadi keluarga jika kita saling mencintai dan membantu" kata sutradara Yook Sang Ho, dan merupakan ide utama film ini.

Pesan yang ada di dalam film ini sangat jelas dari awal hingga akhir. Mengikuti rutinitas keseharian dua saudara dengan sudut pandang yang lucu tanpa berfokus dari kehidupan mereka yang menyedihkan dan cacat.

Awalnya film ini tidak terlalu menerima banyak perhatian dikarenakan sedang diapit film barat Avenger: Endgame, Aladdin dan Parasite.

Inseparable Bros ditayangkan perdana di Box Office lokal memegang posisi teratas untuk film domestik di hari peluncurannya. Film ini sedikitnya terjual lebih dari 130.000 tiket dan melampaui 160.000 di hari kedua peluncurannya.

실화가 주는 믿음, 참신한 소재, 배우들의 열연!

KESIMPULAN & MORAL

Menurutku film ini bagus karena pesan yang dimiliki di dalamnya. Menurutku film ini dapat meningkatkan kesadaran bagi para penyandang cacat. Walaupun alur ceritanya bukanlah sesuatu yang baru atau orisinal, tetapi fakta bahwa film ini memiliki makna persahabatan dan kekeluargaan.

새상엔 이런 형제도 있다

INSEPARABLE BROS TRAILER


Judul: Inseparable Bros
Distributor: Next Entertainment World
Sutradara: Yook Sang Hyo
Naskah: Yook Sang Hyo, Lee Soo Ah, Na Hyeon
Tayang: 1 Mei 2019

Personal Rating: 8/10
Recommended? Yes!

Sorce: koreatimes.co.kr, eontalk.com, maketheswitch.co.au

You May Also Like

6 comments

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.