Kebijakan Bagi Para Disabilitas di Korea Selatan

by - Friday, February 28, 2020

kebijakan disabilitas di korea selatan

Pernahkah kalian melihat para disabilitas dengan nyaman menggunakan angkutan umum MRT maupun bis atau mendapat pendidikan penuh atau juga mendapat layanan perawatan pribadi dan lainnya? 

Semua kebijakan ini ada di Korea Selatan dan aku sendiri pernah melihatnya. Di Korea Selatan benefit untuk penyandang cacat sangatlah banyak seperti trotoar yang disediakan untuk penyandang cacat dan pengguna sepeda. Di setiap jembatan atau pun tangga juga disediakan lift untuk penyandang cacat. Simak kebijakan menarik lainnya!

ANGKUTAN UMUM

source: kijikiji.com

Transportasi publik sangatlah diutamakan, bisa dikatakan bahwa bus kota menjadi kendaraan tercepat kedua setelah ambulan. Pada bagian depan pintu bus kota sebagai pintu masuk, sedangkan pada bagian belakang untuk keluar atau turun dari bus. Pada tahun 2018 pemerintah Korea menyadari rendahnya fasilitas untuk disabilitas pengguna kursi roda maka dari itu pemerintah memberikan fasilitas Danurim city tour bus yang dilengkapi dengan lift kursi roda, dan para disabilitas bisa bisa reservasi melalui seouldanurim.net. Pemerintah Metropolitan Seoul juga berencana untuk meningkatkan jumlah bus lantai rendah bagi disabilitas menjadi 100% di tahun 2025.

kebijakan disabilitas di korea selatan
source: kijikiji.com & chiitravel.wordpress.com

Selain bus kota, transportasi kereta juga tidak kalah dengan transportasi umumnya. Kereta bawah tanah atau juga disebut subway milik Korea ini dipilih sebagai salah satu sistem kereta bawah tanah terbaik di dunia. Tidak hanya aman, bersih dan mudah digunakan tetapi memiliki fitur yang meningkatkan aksesibilitas bagi para penyandang cacat seperti:
- Elevator bagi pengguna kursi roda
- Pintu akses khusus subway bagi pengguna kursi roda untuk masuk dan keluar tanpa pintu putar yang memiliki sensor untuk kartu T-money. 
- Lift kursi roda di setiap tangga
- Tempat duduk prioritas bahkan bagi pengguna kursi roda di dalam subway
- Pintu layar khusus untuk kursi roda mencegah jalur masuk yang licin

Pengalamanku sendiri saat berkunjung di Korea Selatan, aku sering melihat pengguna kursi roda dengan nyaman menaiki subway dan keluar dari subway. Selain itu juga pernah melihat tunanetra yang berjalan menaiki subway dengan membawa anjing pemandu. Dan pastinya juga sering melihat tanda-tanda khusus di tempat umum seperti pada gambar di atas.

PENDIDIKAN KHUSUS


kebijakan pendidikan disabilitas di korea selatan


Korea Selatan memiliki sistem pendidikan yang baik sehingga pada tahun 2009 Korea Selatan menempati urutan ke-2 setelah Shanghai-China pada PISA atau Programme For International Student Assessment yang diselenggarakan oleh OECD. Sejarah pendidikan khusus di Korea Selatan sudah ada pada tahun 1971 dengan mulai membangun sekolah khusus (SLB) di Korea Selatan. Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus semakan berkembang dan terarah semenjak landasan hukum tentang pelaksanaan Pendidikan Khusus dikeluarkan pada tahun 1977 yang dilanjutkan dalam undang-undang yang mengatur pendidikan khusus sampai pada tahun 2007 dibentuklah "The Act on Special Education For Disabled Person With Disabled Person.

Salah satu sekolah berkebutuhan khusus di Korea Selatan yaitu Central Christian Academy (CCA) yang merupakan sekolah inklusi yang terdiri dari jenjang TK sampai SMP. Beberapa point penting dalam sekolah berkebutuhan khusus ini yaitu 1. Konsep sekolah inklusi yang dibangun oleh CCA adalah walaupun memiliki beraneka ragam siswa tetapi tetap satu dan harmonis. 2. Guru menolong siswa, dan harapannya siswa menolong siswa yang lain. 3. Lingkungan yang ramah pembelajaran tercermin saat anak-anak kelas reguler membantu temannya yang berkebutuhan khusus.

Walaupun di Korea Selatan aku belum pernah mengunjungi sekolah berkebutuhan khusus tetapi aku pernah bertemu dengan anak-anak berkebutuhan khusus saat sedang berkunjung ke Nami Island, mereka juga sedang study tour.

kebijakan disabilitas di korea selatan
source: kijikiji.com & chiitravel.wordpress.com

Selain konsensi yang sudah kujelaskan di atas beberapa kebijakan lain yang bisa didapat bagi disabilitas yaitu pelayanan perawatan, pelatihan kejuruan. Pemerintah juga memberikan potongan listrik, biaya parkir, biaya pendaftaran mobil, dan kerjasama dengan sektor swasta untuk menyediakan diskon khusus untuk layanan Internet dan telepon seluler serta tiket pesawat. Selain itu penyandang disabilitas tertentu yang tidak mampu bekerja menerima pensiun bulanan dari kesejahteraan sosial. Pensiun ini terdiri dari manfaat yang menjamin kehidupan orang cacat atau keluarga mereka dan manfaat yang mencakup semua atau bagian dari pengeluaran tambahan.

Indonesia juga memiliki kebijakan yang hampir sama dengan Korea Selatan seperti sekolah bagi anak berkebutuhan khusus juga sudah ada. Transportasi umum seperti TransJakarta juga mulai ada dan bisa digunakan bagi penyandang disabilitas. Walaupun fasilitas umum lainnya belum selengkap Korea Selatan, harapannya agar Indonesia juga bisa mengembangkan lagi kebutuhan bagi para disabilitas.

source: ruupenyandangdisabilitas.wordpress.com , amp.kompas.com , kompasiana.com , kijikiji.com , chiitravel.wordpress.com 

You May Also Like

2 comments

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.