Teko Nang Jawa Rombongan Kedutaan Besar Korea Selatan Keliling Pulau Jawa

by - Sunday, September 15, 2019

Teko Nang Jawa Surabaya
Teko Nang Jawa Surabaya bersama Dubes Kim Chang Beom dan teman-teman Sahabat Korea

Teko Nang Jawa merupakan rangkaian program sekaligus tur rombongan Kedutaan Besar Republik Korea Selatan untuk memperkenalkan kebudayaan Korea Selatan. Acara ini digelar mulai tanggal 2  sampai 7 September 2019 dimana rombongan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Mr. Kim Chang Beom beserta staf Kedutaan Besar mengunjungi beberapa kota di Pulau Jawa yang antara lain Cirebon, Brebes, Solo dan Surabaya yang ditempuh sejauh 1.000 kilometer dengan bus.
Ternyata tidak hanya rombongan Dubes saja yang ikut serta tetapi salah satu youtuber asal Korea, Jang Hansol pun ikut tur dengan menggunakan bus Teko Nang Jawa.

Teko Nang Jawa

Untuk yang belum tahu arti dari Teko Nang Jawa, yang diambil dari bahasa Jawa artinya datang ke Jawa. Kata "TEKO" dapat diartikan yaitu "Teman Korea" sehingga jika di gabung dapat diartikan "Teman Korea ke Jawa". Kegiatan TEKO sendiri yaitu untuk memperkenalkan makanan Korea (K-food), budaya Korea, Pariwisata Korea, dan produk Korea lainnya. Selain Kedutaan Besar Korea Selatan, Teko Nang Jawa ini dipersembahkan oleh Korean Culture Center (KCC), Korean Tourism Organization (KTO), dan Taste of Love K-Food.

Dubes Kim Chang Beom Teko Nang Jawa
Dubes Kim Chang Beom siap menaiki bus Teko Nang Jawa. credit: wartalika.id

JAKARTA - Awarding Ceremony & Kick-Off Ceremony


Dubes Kim Chang Beom Teko Nang Jawa
Sambutan Dubes Kim Chang Beom di acara Kick-Off Ceremony. credit: wartalika.id

Dimulai tanggal 2 September 2019, acara Teko Nang Jawa diadakan di lotte Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Pada pembukaan acara, Mr. Kim Chang Beom memberikan sambutan dan dilanjutkan dengan mengumumkan nama pemenang dalam lomba logo dan poster Teko Nang Jawa yang diikuti oleh warga negara Indonesia dan Korea Selatan. Lalu acara dilanjutkan dengan Kick-Off Ceremony yang diikuti oleh sekitar 300 orang, yang juga mengantarkan rombongan Teko Nang Jawa menuju kelima kota di Pulau Jawa.

Teko Nang Jawa
Dubes Kim Chang Beom berfoto di depan bus Teko Nang Jawa sebelum berangkat ke kota lain. credit: journalhitz.com

CIREBON - Cirebon Coastal Clean Up Campaign.

Teko Nang Jawa Cirebon
Rombongan Teko Nang Jawa beserta masyarakat Cirebon mengikuti Cirebon Coastal Clean Up Campaign. credit: regional.kompas.com

Pada tanggal 3 September 2019, hari kedua, Teman Korea bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan Korea Selatan, diikuti Pemda Cirebon dan masyarakat Cirebon berpartisipasi dalam Cirebon Coastal Clean Up Campaign. Merupakan sebuah campaign yang menghimbau masyarakat setempat untuk peduli dengan sumber daya laut yang sudah tercemar oleh sampah. Disini rombongan Dubes dan masyarakat ikut membantu membersihkan tempat di sekitar laut.

Teko Nang Jawa Cirebon
Jang Han Sol ikut memeriahkan Hallyu Come On di Cirebon. credit: suaramerdekasolo.com

Tidak lupa Teko Nang Jawa juga menyediakan K-food truck yang bisa dinikmati bersama. Pada Malam harinya diselenggarakan acara Hallyu Come On di Trans Studio Mini Cirebon. Acara ini dimeriahkan dengan tari tradisional Korea dan Indonesia, Taekwondo, K-Pop, Fashion Show.

BREBES - Gempita Duo Budoyo


Teko Nang Jawa Brebes
Penyambutan dengan Gamelan lagu Arirang (Kiri), Dubes Kim Chang Beom bersama Gempita Duo Budoyo (kanan). 
credit: @koremb.idn

Pada tanggal 4 September 2019, perjalanan berlanjut ke kota Brebes untuk mengunjungi PT. Daehan Global. Kunjungan ini dimeriahkan oleh Gamelan Arirang, K-Pop cover dance, K-Food yang dapat dinikmati oleh sekitar 5000 orang tenaga kerja Indonesia yang bekerja di PT. Daehan Global.

SOLO - Solo International Performing Arts 2019 (SIPA)


Teko Nang Jawa Solo
Acara SIPA di Solo. credit: @koremb.idn

5 September 2019, sebelum mengikuti acara SIPA, Dubes Kim Chang Beom berkunjung ke Puro Mangkunegara dan Museum Keris Nusantara. Malam harinya rombongan Teko Nang Jawa mengikuti acara Solo international Performing Arts 2019 di Benteng Vastenburg. Acara berjalan sukses karena banyaknya pengunjung yang ikut serta dalam memakai Hanbok, ikut permainan tradisional Korea, incip-incip makanan Korea hingga menulis Hangeul.

SURABAYA - Wrap Up Ceremony


Teko Nang Jawa Surabaya
Dubes Kim Chang Beom mengunjungi Taman Korea (Kiri), Seminar All About Korea di UNESA (kanan). 
credit: @koremb.idn & www.banieun.com

Sesampainya di Surabaya tanggal 6 September 2019, Dubes Kim Chang Beom berkunjung ke Taman Korea yang berada di jalan Soetomo. Kemudian dilanjutkan dengan menghadiri seminar "All About Korea" di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yang digelar oleh Voluntary Agency Network of Korea (VANK). Tidak lupa juga di UNESA para murid yang mengikuti seminar juga bisa menikmati Tteokpokki dan Eomuk (fish cake) di K-food truck yang sudah disediakan.

Teko Nang Jawa Surabaya
K-Food Bimbimbap (Kiri), Dubes Kim Chang Beom menikmati Bibimbap (kanan). 
credit: @koremb.idn & www.banieun.com

Hari terakhir Teman Korea Nang Jawa, 7 September 2019 diadakan di Galaxy Mall 3 dengan rangkaian acara Taekwondo Day, Bibimbap, bazar K-Food, K-Beauty dan Cooking Show bersama Jun Chef. Tidak terasa acara Teko Nang Jawa cepet selesai, sebelum kembali ke Jakarta, Dubes Kim Chang Beom dan rombongan Teman Korea lainnya berfoto di depan bus sebagai tanda perpisahan.

Teko Nang Jawa Surabaya
Bus Teko Nang Jawa saat di UNESA

Aku berharap perjalanan 1.000km yang penuh kenangan ini diadakan lagi next time! Siapa tahu akan ada kotamu!

You May Also Like

3 comments

  1. duh pengen banget join, pasti acaranya seru ya :D

    ReplyDelete
  2. Suka pas lihat pakai blankon nya, suka sama blog iniii banyak ilmunya🤗💖

    ReplyDelete
  3. Waahhhh,,,,seruu niihh pastiii,,,wong korea nang jawaa��

    ReplyDelete

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.