Remembering March 1st Independence Movement of Korea

by - Tuesday, February 05, 2019

Hi pecinta Korea!!

Tahun ini merupakan Dirgahayu ke-100 dari Pergerakan 1 Maret.
Kalian tau ngga apa itu March 1st Independence Movement atau Gerakan 1 Maret?


Nah yang ngaku suka Korea yuk kenali lebih jauh sejarah Korea yang mirip dengan sejarah Indonesia!

Gerakan 1 Maret atau disebut juga 삼일운동 = Samil (Sam artinya bulang 3, dan il artinya tanggal 1) Undong (gerakan) adalah serangkaian demonstrasi dan protes yang dimulai pada tanggal 1 Maret 1919 dan berlangsung hingga 11 April 1919. Protes damai ini adalah salah satu penampilan publik awal dari perlawanan Korea terhadap penindas Imperialis Jepang. Lebih dari 2.000.000 orang berpartisipasi dalam demonstrasi untuk mengakhiri penindasan yang keras, kebrutalan dan perampasan tanah dan sumber daya alam Korea oleh penjajah Jepang.

Sama kan seperti Indonesia yang juga pernah dijajah oleh Jepang?!

Survei pertahanan oleh Jepang di wilayah Korea dimulai tahun 1910 yang menyebabkan para petani Korea kehilangan tanah warisan nenek moyang dan jatuh miskin. Sebagian petani pindah ke kota lalu menjadi buruh, tapi mereka diperlakukan tidak adil oleh para pekerja Jepang. Padahal saat itu mereka juga dilarang berbicara Bahasa Korea dan mulai diperkenalkan sistem pendidikan gaya Jepang. Tokyo menerapkan kebijakan disebut "Pembauran" yang sesungguhnya sangat diskriminatif. Jepang juga menempatkan aparat kepolisian diseluruh penjuru Korea yang justru membuat Korea seolah menjadi penjara tanpa jeruji besi.


Demonstrasi dipimpin oleh para pelajar dan pemimpin agama yang tidak bersenjata. Mereka bertemu dengan tentara Jepang bersenjata yang menggunakan kekuatan brutal terhadap para demonstran yang tidak bersenjata. Selama Gerakan 1 Maret, 7.500 orang tewas, 15.000 orang terluka dan 45.000 ditangkap. Sebagian besar dari mereka yang ditangkap tidak pernah diadili dan disiksa di penjara. Seluruh desa, gereja, dan sekolah yang dipenuhi orang dibakar habis oleh tentara Jepang.

Namun dalam ketatnya kekuasaan Jepang, berbagai kekuatan perlawanan anti-Jepang di Korea berhasil membentuk jaringan rahasia dan aneka gerakan kemerdekaan di luar negeri. Jepang berusaha menggagalkannya tetapi para pejuang terus melanjutkan perjuangan dari berbagai basis di luar negeri seperti Manchuria, Siberia, dan Hawaii. 

Memasuki tahun kesepuluh pemerintahan penjajahan yang kejam dengan tanpa pandang kelas sosial rakyat Korea, telah begitu tertindas sehingga mereka sangat menginginkan kemerdekaan. Lalu sebuah dorongan datang dari luar negeri pada bulan Januari 1918 pada hari-hari terakhir Perang Dunia 1, ketika Presiden A.S. Woodrow Wilson mengumandangkan prinsip penentuan nasib sendiri tiap bangsa di dunia. Di bulan Februari 1919, sekitar 400 mahasiswa Korea di Jepang menyatakan sebuah deklarasi dan resolusi untuk kemerdekaan Korea yang tersebar keras ke seluruh penjuru Korea. Dan sebelum di akhir bulan Januari, desas-desus wafatnya mantan Raja Gojong sangat mengguncang dan membuat frustasi rakyat Korea sehingga terjadilah peristiwa 1 Maret 1919.

Patung Son Byung Hae, salah satu dari 33 nasionalis yang memimpin Gerakan 1 Maret dan mengirim Deklarasi Kemerdekaan.

Puluhan ribu orang berkumpul di Taman Pagoda di wilayah pusat kota Jongro. Sorak-sorai massa ketika seorang mahasiswa bernama Chun Jae-Yong naik ke podium dan mulai membacakan deklarasi Kemerdekaan.

Deklarasi tersebut berisi:
"Kami menyatakan bahwa Korea adalah sebuah negara berdaulat dan bahwa kami bangsa Korea adalah bangsa yang bebas. Kami menyatakan hal ini kepada dunia untuk mewujudkan kesetaraan derajat manusia dan juga untuk masa depan generasi Korea agar mereka secara terus-menerus memelihara pemerintahan mereka sendiri.

Gerakan Kemerdekaan 1 Maret menyebar ke seluruh penjuru negeri. Meskipun pada awalnya dipelopori oleh mahasiswa dan kalangan elite, tapi kemudian para petani, pekerja, dan pedagang mengambil peran utama. Gerakan damai juga berubah menjadi perlawanan bersenjata. Para demonstran menyerang kantor kepala daerah setempat, markas militer, kantor polisi, perusahaan pengelola tanah dan rumah para tuan tanah pro-Jepang dengan senjata yang mereka miliki seadanya, dan mereka membakar dokumen catatan sensus dan pajak.

Tetapi sebagai balasannya, Jepang menangkapi para tokoh demonstran sampai ke kota-kota kecil. Mereka menumpas perlawanan dengan tembakan dan pembantaian tanpa pandang bulu. Sekitar 7.500 orang tewas, 6000 orang luka-luka dan 46.000 orang ditangkap selama dua bulan. 

Jadi gerakan 1 Maret ini merupakan letusan perasaan rakyat Korea yang terpendam sejak mereka dijajah. Gerakan itu memperkokoh kesadaran rakyat Korea dan menandai sebuah titik balik dalam gerakan kemerdekaan yang melahirkan pemerintahan sementara Korea di Shanghai, yaitu tempat dimana pemerintahan resmi negara itu dibentuk di kemudian harinya.

"Song of March 1st Movement"

Jadi gimana menurut kalian tentang sejarah pergerakan 1 Maret?
Sedih bukan? Sama seperti Negara kita yang waktu itu juga dijajah Jepang walaupun tidak selama penjajahan Jepang di Korea. Tapi kita bisa merasakan juga gimana kejamnya penjajahan itu. 

Next aku akan menceritakan kelanjutannya di bagian dua, pastinya lebih seru dan tidak berat.
Semoga informasi diatas dapat mengingatkan kita kembali untuk lebih saling mencintai walaupun kita berbeda bangsa dan negara.

xoxo,

You May Also Like

22 comments

  1. Nice info bebs .Akhirnya tau kenapa antara korea dan Jepang sampai sekarang ada beberapa hal yang "dijaga" banget.

    ReplyDelete
  2. Jadi banyak tau aku beb ttg Korea dr kamu hehe aku suka korea juga tp blm sampai cari info utk hal2 gini😁

    ReplyDelete
  3. Sempet baca kilasannya di IG km dan lebih lengkap lagi disini ❤❤ jd tambah pengetahuan nih

    ReplyDelete
  4. Infonya lengkap bangett.. Aku baru tau loh, jadi nambah ilmu lagi

    ReplyDelete
  5. Baru tahu lho aku soal ini, bagus bgt infonya 💖

    ReplyDelete
  6. Wahhh postingannya sukaaa banget seru jugaa acaranya lohh😍😍😍

    ReplyDelete
  7. waaah aku baru tau loh ini beb, thank you infonya beeeeb, <3

    ReplyDelete
  8. Keren banget infonya. Aku baca tuntas. Gak sabar pengen baca kelanjutannya. Ditungguuu..

    ReplyDelete
  9. Jujur aku sendiri bukan pecinta korea gitu , tp pas baca blog kaka kok aku jd tau sejarah korea terutama yg 1 march independence itu . So , ini info sangat berfaedah . Thaks kaka 😍😘

    ReplyDelete
  10. aku baru tau tentang pergerakan 1 maret ini, terimakasih ka infonya #BSID

    ReplyDelete
  11. Baru tauu info inii. Selama ini sekedar tau kalau korea pernah diduduki jepang dari film drama kolosal 🤣 Keep going kak!

    #BSID

    ReplyDelete
  12. Nice info banget beb, jadi nambah ilmu baru #BSID

    ReplyDelete
  13. Jadi nambah wawasan kekorean aku beb😂 #BSID

    ReplyDelete
  14. Wah keren sih tulisannya.. jadi nambah pengetahuan aku banget sih ini #BSID

    ReplyDelete
  15. Wahhh makasih beb untuk wawasan nya jadi pengen cepet cepet ke korea #bSID

    ReplyDelete
  16. Hua...jadi banyak tau nih aku
    Thank bebz udah share
    #BSID

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Aku tuh suka merinding kalo baca sejarah kek gini. Ga kebayang kalo hidup di zaman dulu yg penuh ketakutan ya. Setauku jg dlm bbrp kondisi masih ada rakyat korea yg sensi dengan Jepang dan mereka masih ribut soal pulau dokdo. Thanks for sharing. Knowledge baru buatku. #bsi

    ReplyDelete
  19. Wah aku baru tau tentang info ini. Thanks for sharing! #bsid

    ReplyDelete
  20. Good job, nih informasinya w baru tau nih. Thankyou for sharing ce ❤ #BSID

    ReplyDelete
  21. Yaampun bermanfaat bgt aku baru tau lo thanx kak for info nyaa keren deh

    ReplyDelete
  22. Mantab nambah sejarah buat ku nih #bsid

    ReplyDelete

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.