Peringatan 100 Tahun Pemerintahan Sementara Republik Korea Dan Tempat Bersejarah

by - Wednesday, February 20, 2019

Menurut kalian apakah angka 100 itu?

Mungkin 100 untuk nilai ujian atau mungkin untuk anniversary 100 hari?

Tapi 100 itu sangat berarti bagi masyarakat Korea, 100 tahun yang telah dilindungi orang-orang Korea, dan 100 tahun kedepan yang akan dipimpin oleh penerusnya.

Buat yang belum tahu tentang Gerakan 1 Maret bisa baca di sini.


"그때 그 장소, 지금은"

Disini aku ingin membahas tempat-tempat bersejarah dulu dan perubahannya sekarang untuk memperingati 100 tahun berdirinya Korea.

1. 경교장/Gyeonggyojang


Tempat yang biasa disebut Gyeonggyojang House ini merupakan tempat pemerintahan sementara dimana Baekbeom Kim Koo Meninggal. Gyeonggyojang House sekarang digunakan untuk situs pendidikan dan rumah bersejarah yang bisa dikunjungi. Kita dapat melihat bebagai konten yang berkaitan dengan sejarah pemerintahan sementara di Korea.

2. 광주민주화운동/ Gwangju Uprising


Kota Gwangju merupakan salah satu kota bersejarah bagi demokratisasi. Pemberontakan Demokratisasi Gwangju dilakukan pada tanggal 18 Mei sampai 27 Mei 1980 oleh penduduk lokal Provinsi Jeollanam-do. Sekitar 100.000 siswa dan warga negara berpartisipasi, kurang lebih ada 606 orang meninggal.

3. 광화문/ Gwanghwamun


Siapa yang tidak kenal Gwanghwamun tempat para turis berkunjung untuk menikmati bangunan tradisionalnya. Tapi Gwanghwamun dulu pernah melalui sejarah penderitaan dan sempat dipindahkan ke lokasi yang sekarang menjadi Museum Nasional Rakyat Korea sebagai gerbang Bangunan Pemerintahan Jendral Jepang. Pada 15 Agustus 1995, gedung Kantor Gubernur dibongkar. Pada 15 Agustus 2010, kembali direkonstruksi sebagai Istana Gyeongbokgung sebagai tempat wisata.

4. 서울역/Seoul Station


Pada bulan September 1925 Kyungsung Station didirikan untuk kelancaran transportasi bagi barang dan tenaga kerja. Setelah pembebasan namanya berganti menjadi Seoul Station. Stasiun ini merupakan bangunan kereta api tertua di Korea, bukan hanya sebuah bangunan saja tapi juga merupakan tempat bersejarah bagi masyarakat korea.

5. 조선은행 군산지점/ Joseon Bank, Cabang Gunsan


Dibangun pada tahun 1923 yang didirikan pada zaman Gunsan, sebagai penahanan ekonomi Korea selama periode kolonial Jepang. Setelah pembebasan bangunan ini digunakan untuk Bank Korea dan Bank lainnya. Joseon Bank Cabang Gunsan ini muncul dalam novel Chae Man Sik. Disini terdapat peninggalan dan uang terkait sejarah periode kolonial Jepang yang dipamerkan.

6. 일신여학교/ Ilsin Girl's School


Sekolah perempuan Ilsin di Busan ini merupakan tempat pertama memulai pergerakan 1 Maret di Busan. Ilsin Girls School adalah sekolah modern pertama untuk anak perempuan di Busan. Pada tanggal 10 Maret mereka membuat 50 buah bendera Korea yang disebut Taegukgi, dan keesokan hari pada jam 9 malam mereka mengembangkan gerakan kemerdekaan. Titik awal gerakan kemerdekaan ini dilakukan di Kyongnam. Sekarang, untuk menghormati semangat kemerdekaan membangun bangunan ini dan dioperasikan kembali.

7. 보신각/Bosingak


Tempat yang terletak di jalan Jongno-gu, Seoul, Sebagai pusat gerakan kemerdekaan pada 1 Maret 1919. Pada 12 Maret, Deklarasi kemerdekaan kedua diumumkan di depan Bosingak. Dan pada 24 April, konvensi nasional diadakan, yang merupakan tempat memproklamasikan pemerintahan Hansung. 

8. 청계천/ Cheonggyecheon


Tempat para wisatawan berkunjung dan tempat istirahat warga Korea ini ternyata memiliki sejarah masa lalu yang kelam. Sungai yang mengalir di sepanjang perbatasan antara Jongno-gu dan Jung-gu di Seoul. Cheonggyecheon selama masa kolonial Jepang adalah perbatasan antara daerah tempat tinggal Korea dan daerah tempat tinggal Jepang, dan disebut simbol kemiskinan dan kotor dalam perang Korea. Namun sekarang, dijadikan sebagai tempat perlindungan di pusat kota yang mengingatkan akan sejarah yang mengalir seiring dengan perubahan Korea.

9. 승동교회/Seungdong Church


Gereja yang terletak di Insa-dong, Jongno-gu, Seoul menjadi basis gerakan 1 maret karena tempatnya yang berdekatan dengan Taman Pagoda, Asosiasi Pemuda Kristen Wanita Korea (YWCA) diselenggarakan. Disinilah para siswa mengatur organisasi gerakan 1 Maret, dan tempat ini berfungsi sebagai pusat gerakan sosial dan gerakan perempuan modern.

10. 서대문형무소/ Penjara Seodaemun


Penjara yang dibuka oleh Jepang ini adalah tempat para aktivis kemerdekaan yang berjuang untuk negara sampai pembebasan pada tahun 1945. Tempat ini menjadi salah satu tempat bersejarah yang memiliki kenangan menyedihkan karena banyak aktivis kemerdekaan yang juga meninggal di dalam penjara ini. Penjara Seodaemun sekarang terbuka sebagai museum sejarah dan pusat pendidikan.

11. 미쓰코시백화점 경성점/ Mitsukoshi Department Store/ Shinsegae Department Store


Tahukah bahwa Mitsukoshi Department Store muncul sebagai latar belakang utama film "Assassination"? Mitsukoshi Department Store merupakan departement store pertama Korea yang dibangun pada tahun 1930 di Seoul. Pada waktu itu interior bangunan departement store ini sangat indah dipenuhi taman-taman di atap. Sekarang, Mitsukoshi Department Store cabang Kyungsung digunakan sebagai pusat Myeongdong Shinsege Department Store.

Bagaimana menarik bukan tempat yang merupakan sejarah dari gerakan kemerdekaan ini?

Mungkin kalian pernah mendatangi beberapa tempat wisata Korea yang dulunya ternyata bersangkutan dengan sejarah gerakan kemerdekaan. Kalau aku sering banget ke Cheonggyechon, Gwanghwamun dan pastinya Myeongdong Shinsege Department Store dan aku baru tahu tentang sejarah maupun bentuk bangunan jaman dahulu. 

Semoga informasi diatas bisa dijadikan referensi wisata maupun informasi yang berguna bagi kalian.

xoxo,


Selain tempat bersejarah Korea sudah pernahkah kalian menonton drama dan film yang memiliki cerita gerakan 1 maret Korea? Baca juga Best Drama, Movie & Song for March 1st Independence Movement

You May Also Like

17 comments

  1. Aku pengen ke Jeju Island dan minum Soju disana.. 😍😍

    ReplyDelete
  2. Pecinta korea banger ya beb, smpe sejarah nya pun tau, daebaaak 😍

    ReplyDelete
  3. Kalo aku pengen main ke gwanghwamun sama seoul station 😆

    ReplyDelete
  4. Waaah pengen banget kalo dikasih kesempatan ke Korea nanti ngunjungin tempat2 bersejarah gini. Apalagu sejarah Korea ini panjang juga pernah di duduki Jepang juga..

    ReplyDelete
  5. Seru banget pengen juga kpn kapan bisa pigi ke tempat kaya gitu😍

    ReplyDelete
  6. Kalo diliat yg gk jauh berubahnya cuman Bosingak aja yah beph

    ReplyDelete
  7. wah kalo aku sih ke korea pgn ke pulau jeju yang biasanya ada di drakor itu kak, sama pgn nyobain makanannya

    ReplyDelete
  8. Btw yang Cheonggyecheon itu kelihatan banget perkembangannya dari dulu sampai skrg 💕

    ReplyDelete
  9. Selalu nambah informasi , pengetahuan baru tentang korea kalau mampir kesini

    ReplyDelete
  10. Wah beb menarik banget nih info begini keren dehhh

    ReplyDelete
  11. Wah.. Aku suka banget baca-baca beginian. Nambah informasi dan pengetahuan. Thanks bebs infonya.

    ReplyDelete
  12. Cheonggyecheon itu kelihatan banget perkembangannya , sama pengen ke korea dalam waktu dekat aamiin

    ReplyDelete
  13. Keren iniii jd bertambah ilmu ttg ke koreaan saya thanks

    ReplyDelete
  14. daebak, nice info beb. thaaanks...

    ReplyDelete
  15. gilaaa keren banget ini infonyaa :3 aku paling males belajar sejarah, negara apapun wkwkwk XD Apalah aku yg cuma tau bahasa Korea tuh daebak, omo, oppa, dan nee doang XD

    ReplyDelete
  16. Ihhh jadi pingin ke koreaaa! Thanks infonya beb, lumayan buat referensi aku nih hihi

    ReplyDelete

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.