May The Family Month In South Korea

by - Sunday, May 12, 2019


Hi Korean lovers!!

Tau tidak bulan Mei di Korea merupakan bulan apa? 
Yap bulan Mei ini merupakan Hari keluarga?! Kenapa?

Hari libur nasional atau hari besar nasional merupakan hal yang penting bagi warga Korea. Dan bulan Mei ini bertepatan sebagai Bulan Keluarga karena orang-orang Korea memperingati tiga hari penting yaitu Hari Anak, Hari Orang Tua dan Hari Guru.

Children's Day/Hari Anak

Anak-anak bermain bubble soap di Daejong Expo Park. Source: Yonhapnews

Hari Anak-Anak di Korea dirayakan pada tanggal 5 Mei, kalau kalian suka lihat reality show The Return Of Superman pasti tahu banget kan?! Mereka selalu merayakan hari anak di bulan Mei. Meskipun banyak negara didunia memiliki hari yang ditetapkan sebagai Hari Anak-Anak dan memiliki tanggal yang berbeda dari satu negara ke negara lain, tetapi negara tersebut tidak menetapkan hari itu sebagai hari libur nasional atau sebagai sesuatu yang khusus.

Asal Usul Hari Anak

Pada tahun 1920-an, para siswa dan siswi ingin menarik perhatian pada situasi mereka sebagai cara meningkatkan status sosial mereka. Dr. Bang Jung Hwa salah satu penulis dan pendukung gerakan anak-anak yang menggunakan kata 어린이 (eorini) yang berarti anak-anak. Pada awalnya hari anak ditetapkan pada tanggal 1 Mei, tetapi karena bertepatan pada hari buruh maka dipindahkan ke 5 Mei dan pada hari itu juga ditetapkan sebagai hari libur umum resmi di tahun 1970-an.

Apa Saja Yang Dilakukan

Kebanyakan orang tua Korea tidak memiliki banyak waktu untuk melihat anak-anak mereka karena lembur atau bekerja di akhir pekan, sehingga banyak keluarga yang melakukan sesuatu istimewa pada Hari Anak-Anak. Bulan Mei memiliki cuaca yang baik untuk melakukan kegiatan di luar, orang tua sering membawa anak-anak ke taman hiburan, kebun binatang, dan taman lain yang populer bagi orang Korea untuk membawa anak-anaknya.

Parent's Day/Hari Orang Tua



Tiga hari setelah hari anak pada tanggal 8 Mei adalah "Hari Orang Tua" namun bukan hari libur nasional. Sudahkah kalian mengucapkan Terimakasih kepada orang tua kalian?? 

Biasanya orang jarang mengungkapkan betapa bersyukurnya mereka dengan orang tua ya ngga sih?
Nah maka dari itu Korea memiliki 1 hari khusus untuk memperingati Hari Orang Tua atau "어버이 날" (Eobeoi Nal) "Eobeoi" berarti "Orang Tua" Ayah maupun Ibu.

Pada intinya hari yang ditujukan sebagai rasa hormat kepada orang tua, rasa terima kasih atas semua yang telah dilakukan orang tua. 

Asal Usul Hari Orang Tua

Hari Orang Tua di Korea berawal pada Hari Ibu di dari Amerika Serikat. Di Amerika juga para wanita diberi carnation flower atau bunga anyelir sebagai peringatan akan seorang ibu.

Pada tahun 1930, beberapa komunitas Kristen mulai merayakan Hari Ibu atau Hari Orang Tua. Tradisi ini di kombinasikan dengan Konfusianisme tradisional Korea sehingga akhirnya menetapkan Hari Ibu. Pada tahun 1956, Dewan Negara Korea Selatan menetapkan Hari ibu pada tanggal 8 Mei. Namun banyak orang yang menanyakan tentang Hari Ayah. Sehingga pada tahun 1973 berdasarkan Keputusan Presiden 6615 atau Peraturan Mengenai Berbagai Hari Libur, 8 Mei ditetapkan sebagai Hari Orang Tua.


Apa Saja Yang Dilakukan
Carnation flower atau bunga anyelir
Secara tradisional, anak-anak menulis surat ucapan terima kasih dan memberikan carnation flower atau bunga anyelir. Biasanya orang Korea menempelkan carnation flower di dada kanan dan setiap warna bunga memiliki makna sendiri. Warna Merah berarti orang tua (ayah dan ibu) yang masih hidup. Warna Merah muda berarti salah satu dari orang tua (ayah atau ibu) masih hidup. Warna Putih berarti orang tua (ayah maupun ibu) telah meninggal.

Ada juga lagu khusus untuk Hari Orang Tua di Korea Selatan, bisanya di sekolah dasar sampai menengah mereka mengundang orang tua dan mengadakan upacara Hari Orang Tua. Selama acara siswa siswi berkumpul bersama menyanyikan lagu Parent's Day kepada orang tua mereka. 

Seiring bertambahnya usia, wajar jika menghabiskan waktu lebih sedikit bersama orang tua. Maka dari itu biasanya orang-orang Korea mengunjungi orang tua mereka dan makan bersama orang tua mereka yang sudah lama tidak menghabiskan waktu bersama. Selain itu juga memberikan orang tua mereka hadiah atau paket liburan, cek kesehatan, uang dan hadiah lainnya.

"하늘 아래 그 무엇이 넓다 하리오. 어머님의 희생을 가이없어라"
"What else can be called as big under the sky. Mother's sacrifices are endless."

Lagu diatas mengingatkan bahwa cinta orang tua sebesar langit.


Teacher's Day/Hari Guru

Siswa dan siswi memberikan bunga anyelir kepada guru. source: Yonhapnews

Tanggal 15 Mei merupakan Hari Guru di Korea Selatan. Para siswa dan siswi menunjukan rasa cinta dan rasa hormat mereka kepada guru mereka. Tidak hanya itu, mantan siswi juga biasanya mengunjungi mantan guru mereka.

Asal Usul Hari Guru

Pada awalnya Hari Guru ditetapkan pada tanggal 26 Mei tahun 1965, tetapi diubah menjadi 15 Mei yang merupakan hari ulang tahun Raja Sejong untuk memperingati ajaran dan pencapaiannya. 

Apa Saja Yang Dilakukan

Biasanya para siswa dan siswi menulis kartu untuk rasa terima kasih, juga memberikan bunga anyelir sebagai hadiah. Pada momen ini sekolah memanfaatkan untuk mengadakan acara jalan-jalan bersama guru. Beberapa sekolah dan universitas besar juga memberikan pesta khusus serta memberikan penghargaan.





Reference: 90daykorean, Koreanclass101, Parent's Day Wikipedia, Teacher's Day Wikipedia, 

You May Also Like

8 comments

  1. wah seru banget bacanya, jadi makin tahu tentang orang-orang di korea nih jadinya. thanks for sharing!

    ReplyDelete
  2. Seru juga tradisi tradisi yang ada di korea.

    ReplyDelete
  3. Seru ya tambah info tentang korea pasti klo mampir kesini. Btw aku salfok foto atas sendiri beb hihi aku lagi ngikutin dramanya tuh 😁😁

    ReplyDelete
  4. Cocok banget kamu tinggal Korea beb, hahaha lengkap bgt gini seluruh artikel ttg Korean nya

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau soal tradisi ini.. Ternyata dikorea banyak tradisi juga yaa hehe

    ReplyDelete
  6. Setelah membaca blognya kakak, aku bisa tahu tentang tradisi dikorea...mksh bnyak kak

    ReplyDelete
  7. Wah seru jg ya di korea bulan mei penuh dengan perayaan

    ReplyDelete
  8. Nmbah info terkait makna2 bunganya😀makasi ce aku jd tau

    ReplyDelete

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.