Launching Ceremony "SAHABAT KOREA" 2019 bersama Duta Besar Korea Selatan

by - Tuesday, January 22, 2019

Kedutaan besar Korea Selatan menggelar acara Launching Ceremony Sahabat Korea atau disebut juga 한국의 절친 di Gedung Konsulat Republik Korea, Jakarta pada tanggal 19 Januari 2019. 

Sahabat Korea

Acara ceremony ini digelar untuk meresmikan 100 anggota Sahabat Korea pertama kalinya yang bertugas sebagai Social Media Supporters untuk Kedutaan Besar Republik Korea dalam satu tahun ini periode Januari 2019 - Januari 2020.


Wawancara dengan Mr. Kim Chang Beom dan Bapak Edi Yusup
Wawancara dengan Mr. Kim Chang Beom dan Bapak Edi Yusup

Sebelum acara dimulai, delapan anggota Sahabat Korea mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara eksklusif selama 30 menit dengan Duta Besar Korea Selatan Mr. Kim Chang Beom dan Direktur Asia Pasifik dan Afrika dari Kemlu, Bapak Edi Yusup.

"Tonton juga sesi Wawancara bersama Dubes Korsel di youtubeku"

Acara ceremony dimulai jam 02.00 siang WIB dengan dihadiri oleh KCC (Korean Culture Center), KTO (Korean Tourism Organization), KOCCA (Korean Creative Content Agency), Korean Association in Indonesia. 

Acara dibuka dengan pertunjukan tari tradisional Korea Selatan dengan 3 penari  menggunakan baju tradisional Hanbok. Lalu diikuti dengan dance cover Kpop oleh grup Coming Soon dengan mengcover dance lagu Exo Tempo dan Love Shot menambah kemeriahan acara ini.

Duta Besar Korea Selatan Mr. Kim Chang Beom
Sambutan Duta Besar Korea Selatan, Mr. Kim Chang Beom

Dilanjutkan dengan Sambutan ramah dari Duta Besar Korea Selatan Mr. Kim Chang Beom. Harapan beliau adalah agar Sahabat Korea dapat berperan aktif dalam mempererat hubungan dua negara Korea dan Indonesia karena diingat bahwa kedua negara adalah sahabat sejati yang akan terus saling mendukung.

Bapak Edi Yusup
Sambutan Bapak Edi Yusup selaku Direktur Asia Pasifik dan Afrika dari Kemlu

Sambutan kedua oleh bapak Edi Yusup selaku Direktur Asia Pasifik dan Afrika dari Kemlu, dengan rasa senang dan bangga mengatakan bahwa Korea Selatan dan Indonesia memiliki chemistry yang sangat dekat karena dilihat dari pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Moon Jae In dengan obrolan yang sangat panjang menghabiskan 2 jam lebih dari pagi hingga sore.

Launching Ceremony Sahabat Korea
Suasana Sahabat Korea saat sedang mendengarkan presentasi

Berikut acara dilanjutkan dengan Presentasi dari Kedutaan Besar Korsel yang menjelaskan rencana kegiatan Sahabat Korea kedepannya. Tugas anggota Sahabat Korea selain memberikan informasi tentang Korea tetapi juga mereport event-event yang akan diadakan oleh Kedubes Korsel lewat akun media social. Dengan benefit anggota Sahabat Korea yang terpilih mendapatkan undangan eksklusif dari Kedubes Korsel untuk menghadiri event.

Lalu perkenalan dan presentasi dari beberapa organisasi Korea yang aktif di Indonesia. KCC merupakan organisasi yang memperkenalkan kebudayaan Korea Selatan dan juga wadah bagi pecinta Korea untuk berkesempatan mengenal kebudayaan Korea. Beberapa acara yang sudah dilaksanakan seperti membuat Kimchi bersama, belajar Bahasa Korea, nonton Film bersama dan acara K-pop tanpa dipungut biaya.

Selain itu KTO yang sudah lama dikenal pecinta Korea yaitu sebuah organisasi yang memperkenalkan wisata Korea. KTO sangat membantu sekali bagi teman-teman yang ingin berwisata ke Korea dengan mendapatkan buku panduan wisata lengkap. Tidak hanya itu KTO juga sering bagi-bagi hadiah dari event yang diadakan seperti tiket jalan-jalan ke Korea, dan beberapa merchandise dari Korea.

Organisasi lain yang juga menarik dan baru saja diluncurkan tahun kemarin yaitu KOCCA, lembaga dibawah naungan Departemen Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga Korea dengan tugas memperkenalkan konten asal Korea seperti game, musik, animasi, broadcasting, fashion, makanan, komik. Beberapa acara yang sudah digelar seperti konser Highlight. 

Launching Ceremony Sahabat Korea
Salah satu anggota Sahabat Korea saat sedang mempresentasikan diskusi kelompok

Mini workshop juga menjadi salah satu aktivitas di dalam acara dimana Sahabat Korea dibagi menjadi beberapa kelompok berdiskusi dengan tema yang diberikan dan membagikan apa yang telah didiskusikan kepada kelompok lain. Beberapa tema yang diberikan yaitu Budaya, K-pop, Korean wave, Pariwisata, K-Food, K-Beauty, dan Hubungan bilateral antara Korea-Indonesia.

Launching Ceremony Sahabat Korea

Kemudian dilanjutkan sesi pembagian sertifikat dan T-Shirt untuk para anggota Sahabat Korea resmi dari Kedubes Korsel. Pembagian sertifikat diwakili dua anggota Sahabat Korea yang diberikan oleh Mr. Kim Chang Beom sendiri. 

Launching Ceremony Sahabat Korea
Sesi foto bersama teman-teman Sahabat Korea

Tak lupa pada penghujung acara yaitu sesi foto semua Sahabat Korea bersama dengan Duta Besar Mr. Kim Chang Beom dan panitia Dubes Korsel lainnya.


Nah selain Kaos Sahabat Korea aku mendapatkan merchandise dari Kedubes Korsel juga yaitu Sertifikat, keyring hp, masker dan botol minum.

Berita Yonhap News di Naver, Korea

Acara ceremony ini telah diliput oleh wartawan Hwang Cheol Hwan media @yonhap_news resmi dari Naver, Korea.
Karena banyaknya para pecinta Korea yang tertarik menjadi Sahabat Korea, dan Kedubes Korsel hanya memilih 100 orang dari 928 orang untuk menjadi Sahabat Korea.
Artikel bahasa Korea bisa dibaca disini

Press release di website resmi Kedutaan Besar Korea

Dan Press telah dirilis resmi oleh Kedutaan Besar Korea dengan judul "Kita semua Sahabat Korea"
bisa dibaca disini

Kami para Sahabat Korea berharap agar informasi yang kami sampaikan bisa diterima secara positif dan juga kegiatan Sahabat Korea ini bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman.
Salam "Sahabat Korea"



xoxo,



Pernah minum Soju tapi belum tahu cara minumnya?
Baca juga "Soju the korean Alcohol and How to Drink"

You May Also Like

17 comments

  1. Sayang banget di Medan gada program begini kalau Ada pastie seru ya beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. adanya di jakarta nih tapi boleh untuk seluruh Indonesia kkok

      Delete
  2. wah seru bgt ya beb bisa ada di acara ini 😍

    ReplyDelete
  3. Waah bisa ikutan launchingnya juga ya. Merchandise nya juga lumayan tuh 😍

    ReplyDelete
  4. seru banget deh beb acaranya 😍😍

    ReplyDelete
  5. Waaahhh keren banget beb. Pasti jadi pengalaman tak terlupakan banget.

    ReplyDelete
  6. waaah keren banget ini beeeb, di bandung kayanya belum ada program kaya gini niiih, padahal menarik banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya adanya di jakarta tapi bisa untuk seluruh Indonesia, aku aja terbang dr surabaya ke jakarta buat event ini hehehe

      Delete
  7. Wah...seru banget sih beb ..keren dah

    ReplyDelete
  8. Kereeeeen banget sih 😍😍 leh join ga jd sahabat kroya 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh banget dibuka lagi kemungkinan untuk periode 2020 biasanya pendaftaran akhir tahun gitu

      Delete
  9. Wahhh keren parah sih beb, pasti menarik banget program program mendatangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku pun menunggu program mendatangnya hehehe

      Delete
  10. Programnya seru banget sih, nambah pengalaman juga kan pastinya kenal orang" luaar

    ReplyDelete

This site is owned by Angelika, please put credits if you share it.